Apakah menurut Pendidikan Umum di Indonesia sudah dapat mencapai misinya? apa yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar misi tersebut dapat dicapai?.
Jawab:
Menurut definisi
Depdiknas RI tentang pendidikan umum, maka
pendidikan umum adalah pendidikan yang mengutamakan perluasan pengetahuan dan
penigkatan keterampilan peserta didik dengan peserta didik dengan pengkhususan
yang diwujudkan pada tingkat-tingkat akhir masa pendidikan. Secara sederhana, para pakar memaknai pendidikan umum
sebagai pendidikan nilai (value education), sebagian lain
menunjuk pendidikan umum sebagai pendidikan
kepribadian (personalitiy education),
pendidikan karakter (character building), pendidikan kewarganegaraan dan
sebagainya.
Pendapat saya mengenai
misi pelaksanaan pendidikan umum di Indonesia belum tercapai
sesuai tujuan yang diharapkan berdarkan visi dan misi pendidikan nasional. Kesalahannya kurangnya pengembangan
nilai-nilai dan ketrampilan sosial budaya harus menjadi salah satu tujuan dalam
pendidikan. Menurut saya pendidikan umum
di Indonesia hanya sebuah teori saja bukan kenyataan dalam hal praktik
pelaksaanan, kurangnya pendidikan nilai dan karakter. Penerapan dari
lingkungan di dalam sekolah dan di luar sekolah kurang memberikan contoh pendidikan nilai dan pendidikan karakter. Menurut
saya penyebab lainnya pemerintah sendiri kurang konsisten adanya perubahan
sistem atau kebijakan pemerintah
dalam bidang pendidikan yang sering
berubah-ubah setiap kali terjadi pergantian presiden dan menteri sehingga
berupa pula kebijakan tentang pendidikan. Adanya kebijakan pemerintah yang
tidak berpikir panjang mengenai perubahan dalam sistem pendidikan yang menyamaratakan
semua siswa mendapat pendidikan yang
sama atau layak. Realitasnya berbeda misalnya untuk kepulauan Jawa mutu
pendidikan lebih tinggi dibandingkan mutu pendidikan di wilayah Papua. Faktanya
kurang pemerataan mutu pendidikan di seluruh Indonesia sehingga ada kesenjangan
masih ada wilayah yang masyarakat tidak sekolah.
Beberapa hal yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar misi
pendidikan umum bisa terwujud yang bisa diambil tentang pandangan dan konsep
pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dapat dilaksanakan yaitu
1.
Pembentukan karakter peserta didik perlu melibatkan
tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat secara sinergis.
2.
Corak
dan cara pendidikan Ki Hadjar Dewantara patut kita jadikan sebagai acuan dalam
pengembangan pendidikan karakter. Pendidikan
karakter harus bercorak nasional dengan menerapkan cara-cara: pemberian contoh,
pembiasaan, pengajaran , laku dan pengalaman lahir-batin.
3. Nilai-nilai
yang perlu diinternalisasikan dalam sekolah kepada peserta didik dalam pengembangan
karakter adalah religius, jujur, toleran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri,
demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai
prestasi, bersahabat/komunikatif, cintai damai, senag membaca, peduli sosial,
peduli lingkungan dan tanggung jawab.
4. Pencapaian
dalam penyelenggaraan pendidikan dalam pelaksanaan perlu transformasi nilai
untuk karakter bangsa.
Referensi:
Hertati.2017.Materi Pokok Ilmu Sosial Budaya Dasar.Tangerang
Selatan:Universitas Terbuka.