Monday, August 28, 2017

MKDU4109 - Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Diskusi 1

Apakah menurut Pendidikan Umum di Indonesia sudah dapat mencapai misinya? apa yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar misi tersebut dapat dicapai?.

Jawab:


Menurut definisi Depdiknas RI tentang pendidikan umum, maka pendidikan umum adalah pendidikan yang mengutamakan perluasan pengetahuan dan penigkatan keterampilan peserta didik dengan peserta didik dengan pengkhususan yang diwujudkan pada tingkat-tingkat akhir masa pendidikan. Secara sederhana, para pakar memaknai pendidikan umum sebagai pendidikan nilai (value education), sebagian lain menunjuk pendidikan umum sebagai pendidikan kepribadian (personalitiy education), pendidikan karakter (character building), pendidikan kewarganegaraan dan sebagainya.
Pendapat saya mengenai misi pelaksanaan pendidikan umum di Indonesia belum tercapai sesuai tujuan yang diharapkan berdarkan visi dan misi pendidikan nasional. Kesalahannya kurangnya pengembangan nilai-nilai dan ketrampilan sosial budaya harus menjadi salah satu tujuan dalam pendidikan.  Menurut saya pendidikan umum di Indonesia hanya sebuah teori saja bukan kenyataan dalam hal praktik pelaksaanan, kurangnya pendidikan nilai dan karakter. Penerapan dari lingkungan di dalam sekolah dan di luar sekolah kurang memberikan contoh pendidikan nilai dan pendidikan karakter.  Menurut saya penyebab lainnya pemerintah sendiri kurang konsisten adanya perubahan sistem atau kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yang sering berubah-ubah setiap kali terjadi pergantian presiden dan menteri sehingga berupa pula kebijakan tentang pendidikan. Adanya kebijakan pemerintah yang tidak berpikir panjang mengenai perubahan dalam sistem pendidikan yang menyamaratakan semua siswa  mendapat pendidikan yang sama atau layak. Realitasnya berbeda misalnya untuk kepulauan Jawa mutu pendidikan lebih tinggi dibandingkan mutu pendidikan di wilayah Papua. Faktanya kurang pemerataan mutu pendidikan di seluruh Indonesia sehingga ada kesenjangan masih ada wilayah yang masyarakat tidak sekolah.
Beberapa hal yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar misi pendidikan umum bisa terwujud yang bisa diambil tentang pandangan dan konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dapat dilaksanakan yaitu
1.    Pembentukan karakter peserta didik perlu melibatkan tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat secara sinergis.
2.    Corak dan cara pendidikan Ki Hadjar Dewantara patut kita jadikan sebagai acuan dalam pengembangan pendidikan karakter. Pendidikan karakter harus bercorak nasional dengan menerapkan cara-cara: pemberian contoh, pembiasaan, pengajaran , laku dan pengalaman lahir-batin.
3.    Nilai-nilai yang perlu diinternalisasikan dalam sekolah kepada peserta didik dalam pengembangan karakter adalah religius, jujur, toleran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cintai damai, senag membaca, peduli sosial, peduli lingkungan dan tanggung jawab.
4.    Pencapaian dalam penyelenggaraan pendidikan dalam pelaksanaan perlu transformasi nilai untuk karakter bangsa.

Referensi:
Hertati.2017.Materi Pokok Ilmu Sosial Budaya Dasar.Tangerang Selatan:Universitas Terbuka.