Monday, August 28, 2017

ADBI4443-Perencanaan dan Pengembangan Bisnis

Dikusi 1

Rencana bisnis merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Pertanyaannya adalah sejauhmana pentingnya rencana bisnis tersebut, baik pada tataran operasional maupun manajerial perusahaan? Coba Anda diskusikan tentang hal tersebut dalam forum ini.

Selamat berdiskusi!

Rencana bisnis sangat penting dilakukan bagi perusahaan yang baru yang membutuhkan modal yang besar, karena rencana bisnis biasanya di susun dengan maksud dan tujuan memulai sebuah bisnis baru, menjalankan dan mengembangkan usaha dan mengajukan permohonan pembiayaan.

Pentingnya rencana bisnis terutama bisnis baru dan bisnis yang mengharapkan perubahan atau pertumbuhan bisnisnya. Rencana bisnis yang baik bisa membantu meyakinkan investor atau kreditor umtuk memberikan modal yang dibutuhkan. Rencana bisnis adalah pernyataan formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut.

Rencana bisnis adalah sebuah strategi yang harus direncanakan oleh seorang pelaku bisnis dalam rangka mengembangkan bisnis mereka dengan berfokus pada tercapainya sebuah tujuan.

Rencana bisnis bisa memberikan panduan bagi seorang manajer dalam pendayagunaan peluang usaha. Rencana bisnis akan memberikan arahan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk memperoleh keuntungan dari suatu usaha, dan mententukan dimana posisi perusahaan berada terhadap pesaing usaha, serta memberikan arahan untuk memfokuskan sumbersdaya yang ada baik manusia, modal, peralatan dan teknologi.

Rencana bisnis yang disususn perusahaan juga dapat digunakan sebagai panduan (raod map)arah pengembangan usaha selama 3 sampai 5 tahun mendatang.

Rencana bisnis juga bisa menjadi patokan dalam melakukan evaluasi dengan membandingkan pencapaian tujuan riil dan tujuan perusahaan yang direncanakan.

rencana bisnis juga berfungsi sebagai motivator untuk meningkatkan kinerja usaha secara berkelanjutan yang melibatkan seluruh elemen sumber daya organisasi perusahaan.

Referensi:
Suyanto 2016, Perencanaan dan Pengembangan Bisnis.