Monday, August 28, 2017

ADBI4130 Pengantar Ilmu Administrasi Niaga

Diskusi 1

Soal:
1. jelaskan dan ndiskusikan perbedaan antara administrasi dengan manajemen.
Jawab:
Perbedaan antara administrasi dengan manajemen adalah sbb:
Administrasi adalah kumpulan kegiatan atau pelayanan yang dilakukan agar mempermudah tercapainya suatu tujuan. Administrasi adalah aspek-aspek organisasi yang lebih berurusan dengan formulasi tujuan, permasalahan-permasalahan yang menyangkut nilai, dan komponen manusia dalam suatu organisasi, diantara aktivitasnya banyak dilakukan dengan maksud dan tujuan tertentu agar memudahkan mencapai tujuan tersebut.
Administrasi pengertian sehari-hari sering disamakan dengan tata usaha, yaitu berupa kegiatan mencatat, mengumpulkan dan menyimpan suatu kegiatan atau hasil kegiatan untuk membantu pimpinan dalam mengambil keputusan.
Manajemen adalah prosesnya bagaimana secara langsung kegiatan-kegiatan itu dilakukan untuk merealisasikan suatu tujuan dengan mengatur tindakan-tindakan itu agar dapat tercapai tujuan tersebut. Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu "Manage" yang berarti, mengelola, mengurus, mengendalikan, mengusahakan, memimpin.
Manajemen dapat diartikan:
1. Kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
2. Ketatalaksanaan proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran tertentu.
Setelah mengetahui beberapa definisi administrasi dan manajemen dapat disimpulkan yang menjadi manajemen adalah suatu proses/kegiatan/usaha pencapaian tujuan tertentu melalui kerjasama dengan orang lain.
Perbedaan antara Administrasi dengan Manajemen menurut Farland:
Administrasi; Administrasi ditujukan terhadap penentuan tujuan pokok dan kebijaksanaannya.
Manajemen; Managemen ditujukan terhadap pelaksanaan kegiatan dengan maksud menyeliesaikan/ mencapai tujuan dan pelaksanaan kebijaksanaan.

Soal :
Cobalah Anda jelaskan dan diskusikan perbedaan antara administrasi dengan manajemen.
JAWABAN:
Perbedaan antara Administrasi dengan Manajemen menurut Farland :
Administrasi
Administration refers to the determination of major aims and policies.
(Administrasi ditujukan terhadap penentuan tujuan pokok dan kebijaksanaannya).
Manajemen
Management refers to the carrying out of operations designed to accomplish the aims and effectuate policies.
(Managemen ditujukan terhadap pelaksanaan kegiatan dengan maksud menyeliesaikan / mencapai tujuan dan pelaksanaan kebijaksanaan).

Administarasi berhubungan dengan :
-Art
-Policy
-Values
-Upper
-Enchelons
-Strategy
-Qualitative
-Human
-Reflective
-Generalism
Manajemen berhubungan dengan :
-Science
-Execution
-Facts
-Lower
-Enchelons
-Tactics
-Quantitative
-Material
-Active
-Specialism

Perbedaan utama antara manajemen dan administrasi adalah sebagai berikut:
  1. Manajemen adalah cara sistematis dalam mengatur orang dan hal-hal di dalam organisasi. Administrasi didefinisikan sebagai suatu tindakan mengelola keseluruhan oganisasi oleh sekelompok orang.
  2. Manajemen adalah aktivitas pada tingkat fungsional dan bisnis, sementara administrasi adalah aktivitas pada level tinggi.
  3. Manajemen memainkan peran eksekutif di organisasi. Tidak seperti administrasi yang memiliki peran menentukan.
  4. Administrasi menentukan semua keputusan penting dari organisasi sementara manajemen membuat keputusan di dalam batas yang ditentukan administrasi.
  5. Suatu kumpulan orang yang merupakan karyawan dari organisasi secara kolektif disebut sebagai manajemen. Di sisi lain, administrasi mewakili pemilik dari organisasi.
  6. Manajemen bisa dilihat pada organisasi yang menghasilkan keuntungan seperti usaha bisnis. Sebaliknya, administrasi ditemukan pada kantor pemerintah dan militer, perkumpulan, rumah sakit, organisasi keagamaan, dan semua usaha yang tidak menghasilkan profit.
  7. Manajemen merupakan semua tentang rencana dan tindakan, tetapi administrasi lebih berhubungan dengan penyusunan kebijakan dan penentuan tujuan.
  8. Manajer mengurus manajemen dari organisasi, sementara administrator bertanggung jawab untuk administrasi organisasi.
  9. Manajemen berfokus pada pengelolaan orang dan pekerjaannya. Di sisi lain, administrasi berfokus pada pembuatan pemanfaatan terbaik yang memungkinkan dari sumber daya organisasi.