Monday, September 4, 2017

EKMA4214-Manajemen Sumber Daya Manusia

Inisiasi dan Diskusi 2

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan diagnosis MSDM?.
Diagnosis MSDM adalah suatu pendekatan/cara/alat untuk memeriksa permasalahan sumber daya manusia.
Ada 3 komponen dalam pendekatan tsb yaitu:
1. manusia
2. lingkungan eksternal
3. lingkungan internal.

Dengan mengetahui ke 3 komponen tersebut, pimpinan organisasi dapat lebih memusatkan perhatiannya dalam menangani permasalahan yang timbul. Secara teoritis, jika terjadi permasalahan dalam organisasi, analisis dilakukan terhadap manusianya/SDM, kemudian bagaimana hubungan SDM dengan lingkungan internal dan eksternalnya. Setelah itu baru dicari cara pemecahan masalah dengan memperhatikan hubungan ke 3 faktor tersebut.

Dimana konsep atau pendekatan diagnosis MSDM dapat diterapkan?

Kesalahan dalam mendiagnosa dan mengases organisasi akan berdampak pada kesalahan dalam penentuan arah perubahan dan rancangan struktur organisasi. Beberapa pengaruh utama dari lingkungan internal dan eksternal yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kesesuaian antara aktivitas manajemen sumber daya manusia dan orang.

Dengan mempelajari model diagnosis tersebut dapat mengetahui bahwa dalam kaitan bekerja bersama dengan orang lain, sejumlah aktivitas manajemen sumber daya manusia harus dipraktikkan secara efektif. Contoh, untuk mendorong individu menggunakan daya kemampuannya, maka tidak akan cukup hanya dengan suatu analisis jabatan saja, kegiatan-kegiatan lain, seperti evaluasi kinerja, kesejahteraan dan pelayanan yang layak, serta skema kerja yang menarik juga diperlukan.

Referensi:
1. Yun Iswanto dan Adie Yusuf, "Manajemen Sumber Daya Manusia", 2016.
2. http://asb.co.id/document/silabus.pdf.