Monday, October 2, 2017

ADBI4130 Pengantar Ilmu Administrasi Niaga - Diskusi 6

Mengapa Motivasi sangat dibutuhkan dalam menangani sumber daya manusia?

Motivasi sangat dibutuhkan dalam menangani sumber daya manusia, terlebih jika perusahaan bisa memotivasi kepada karyawannya, maka hal tersebut akan dapat meningkatkan produktivitas karyawannya. Dengan meningkatnya produktivitas karyawan, maka perusahaan akan dapat beroperasi dengan libih efesien yang alkhirnya akan dapat meningkatkan keuntungan yang bisa diraih. Motivasi kerja sangat terkait dengan kepuasan kerja, maka mereka akan lebih mudah termotivasi untuk meningkatkan prestasi kerja.
Beberapa metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan kerja adalah pemberian kompensasi yang memadai, keamanan kerja, jadwal kerja yang fleksibel, program keterlibatan karyawan dalam pengambilan keputusan perusahaan, dll.
Motivasi sangat dibutuhkan dalam menangani sumber daya manusia karena kemampuan dan motivasi kerjamerupakan faktor yang mencerminkan sikap dan karakter seseorang dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, jadi variabel paling penting dalam menerangkan kinerja seseorang yakni memiliki motivasi dan kemampuan agar dapat menncapati tujuan & kinerja individual / perusahaan menjadi lebih baik.
Jadi, motivasi merupakan suatu kebutuhan di dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi. Apabila motivasi dan kemampuannya rendah akan menyebabkan timbulnya kinerja yang rendah secara menyeluruh. Karenanya motivasi merupakan faktor-faktor yang ada dalam diri seseorang yang menggerakkan dan mengarahkan perilakunya untuk memenuhi tujuan-tujuan tertentu.
Motivasi kerja adalah suatu proses dimana kebutuhan-kebutuhan mendorong seseorang untuk melakukan serangkaian kegiatan yang mengarah ke tercapainya tujuan. Jika tercapai,akan mendapat kepuasan.
sangat penting sekali untuk meningkatkan kinerja karyawan-karyawannya.