Monday, October 16, 2017

ADBI4130 Pengantar Ilmu Administrasi Niaga - Diskusi 8

Pesatnya perkembangan teknologi juga memungkinkan pebisnis untuk mengetahui strategi yang dipakai oleh pesaing. Sehingga dapat dengan mudah ditiru dan dicari titik kelemahannya. 
Selain itu, inovasi produk juga semakin bervariasi seiring dengan persaingan bisnis yang kian pesat. Maka tak sedikit, seseorang membeli bukan karena benar-benar butuh, melainkan sekedar memuaskan hasrat keinginannya.

Di era promosi serba teknologi ini juga nyatanya memiliki dampak negatif. Misalnya pemasukan negara dari pajak usaha menjadi berkurang karena maraknya umkm yang cenderung lebih suka membuka toko online. Sementara, beberapa pertokoan yang hanya mengandalkan pemasaran secara offline, justru banyak yang mulai gulung tikar. Selain itu, akses untuk penipuan semakin terbuka dalam meraup keuntungan bisnis online yang dapat difiktifkan.

Pesatnya kemajuan teknologi telah berdampak pada semua sektor tanpa kecuali dunia bisnis. Kegiatan dunia bisnis berkembang dengan cepat dengan karakteristik yang berbeda dari sebelumnya. Dalam hal persaingan, jika sebelumnya persaingan lingkupnya masih bersifat lokal, kini telah berubah menjadi global (internasional) karena faktor geografi sudah tidak lagi menjadi kendala dengan kemajuan yang dicapai di bidang komunikasi dan transportasi.

Pelaku bisnis yang dulu lebih dimonopoli oleh organisasi/ perusahaan kini telah mulai bergeser, terbukti dengan bermunculannya kekuatan bisnis yang bersifat individu. Seseorang bisa dengan mudah melakukan promosi atas suatu produk tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Mereka dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan usahanya.

Dalam hal pembayaran pun kini semakin mudah dengan adanya fasilitas e-banking. Dengan fasilitas ini, transaksi dapat dilaksanakan dimana saja dengan menggunakan internet atau dengan telepon selular. Inti dari kesemua itu adalah bahwa untuk menjadi pebisnis yang handal memang harus selalu bisa beradaptasi dengan lingkungan.


Berikut beberapa Contoh perubahan yang mendasar :
1. Perubahan teknologi komputer dan komunikasi, termasuk Internet. membawa perubahan besar dalam bisnis ritel dan periklanan, sama halnya dengan penjualan personal.

2. Perkembangan dunia bisnis sekarang ini menuntut organisasi untuk selalu membuka diri terhadap perubahan lingkungan bisnis dengan memperhatikan kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerjanya.

Contoh lain perubahan mendasar dalam dunia bisnis adalah
1. Kemudahan dalam mengakses berbagai informasi, barang hingga harga dengan berbagai apps yang di buat oleh penjual hal ini di akibatkan dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi dan arus globalisasi selain itu keinginan komsumen yang menginginkan mendapatkan informasi secara cepat dan akurat. 
2. Bisnis tak selamanya harus mempunyai tempat kerja dan di lakukan dengan jam kerja yang kaku.  ini di mungkinkan karena semakin banyaknya pekerja freelance yang mengerjakan tugas tugas nya di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan fasilitas penunjang yang telah di sediakan. 
3.Persaingan bisnis tidak hanya terjadi pada satu bidang atau wilayah tetapi semua bidang dan dunia, karena tak dapat di pungkiri saat ini semakin banyak produk luar yang masuk ke negeri kita dan itu memaksa produsen dalam negeri kita bekerja lebih keras agar tidak kehilangan pembeli.

Tanggapan saya atas materi ini adalah bahwa bisnis akan terus berkembang mengikuti zaman dan kemajuan teknologi. sudah saatnya berbisnis mengikuti kemajuan teknologi dan arus globalisasi karena jika kita tidak mau mengikuti kemajuan zaman dan teknologi maka bisnis kita lama kelamaan akan hancur dan tergeser oleh bisnis bisnis lain yang lebih maju. Tidak selamanya bisnis modern membawa dampak negatif justru banyak positifnya.
Pertama pelaku bisnis tidak melulu harus orang yang sudah tua atau punya pengalaman banyak akan tetapi anak muda pun sudah bisa memulainya.
Kedua bisnis modern yang memanfaatkan teknologi dan globalisasi membuat kita terdorong untuk berusaha memberikan pelayanan maksimal terhadap para pelanggan kita atas jasa atau bisnis yang kita tawarkan.
Ketiga bisnis modern dapat memberikan kesempatan lebih luas kepada anak anak muda khususnya untuk lebih aktif dalam menyalurkan ide idenya dalam mengembangkan bisnis yang di kelolanya.