Monday, October 9, 2017

MKDU4109-Ilmu Sosial dan Budaya Dasar - Diskusi Inisiasi 7

Terdapat pengaruh timbal balik antara kondisi lingkungan dengan kondisi sosial budaya. Dengan mengambil contoh kondisi yang ada di wilayah Anda, uraikanpengaruh timbal balik antara kondisi lingkungan dengan kondisi sosial budaya!
Selamat berdiskusi.

Manusia dan lingkungan yang memiliki hubungan timbal balik, hubungan yang terbentuk antara lingkungan alam dan lingkungan sosial budaya juga terjadi dalam pola yang serupa. Setiap gejala yang terjadi di permukaan bumi ini pada dasarnya merupakan hasil hubungan timbal balik antara berbagai faktor. Hubungan ini dapat terjadi antara faktor fisik dan faktor fisik, faktor fisik dan manusia, serta diantara faktor manusia dan faktor manusia.
Saya mengambil contoh kondisi yang ada di wilayah dimana saya berada saat ini yaitu di Timur Tengah; Contoh hubungan antara faktor manusia dan manusia adalah individu yang serba bergantung terhadap individu lain. Tidak ada manusia yang dapat hidup dan memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri. Ketergantungan ini tercermin dari adanya masyarakat, perdagangan, transportasi, komunikasi, berbagai organisasi sosial, politik, atau kebudayaan, dalam kehidupan di masyarakat.
Contoh lain: Kesenian Bangsa Arab Secara Umum Kesenian adalah sesuatu yang sulit dipisahkan dari kehidupan. Manusia dalam hidupnya sangat menyukai keindahan dan seni adalah sesuatu yang dinilai indah. Kedudukan seni dalam kebudayaan islam. Pada awalnya peradaban islam muncul ketika adanya hubungan timbal balik antara orang Arab dan penduduk asli timur tengah sehingga ada percampuran budaya dibawah naungan islam. Seni dalam islam meliputi seni lukis,seni tari, dan seni rupa serta seni dalam arsitektur.
Contoh lain lagi: Lokasi adalah posisi suatu tempat, benda, peristiwa, atau gejala di permukaan bumi dalam hubungannya dengan tempat, benda, gejala, dan peristiwa lain. Terdapat dua komponen lokasi, yaitu arah dan jarak.
Timur Tengah adalah sebutan negara Arab bagi orang Eropa, sedangkan orang yang berada di sebelah timur Arab, menyebutnya sebagai daerah Barat Tengah. Jadi, arah suatu tempat bersifat relatif. Demikian pula dengan istilah dekat atau jauh, besar atau kecil, cepat atau lambat, yang pasti arah dan jarak akan menentukan intensitas hubungan dari dua tempat yang berbeda.

Referensi:
1. MKDU4109 - Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
2. Hartono, 2007. Geografi 1 Jelajahi Bumi dan Alam Semesta: Jakarta. Depdiknas.