Monday, October 2, 2017

ADBI4443-Perencanaan dan Pengembangan Bisnis - Diskusi 6

Informasi dari suatu laporan keuangan perusahaan sangat bermanfaat, baik bagi kepentingan pihak internal maupun eksternal perusahaan. Jelaskan siapa saja pihak eksternal perusahaan yang berkepentingan terhadap laporan keuangan perusahaan serta apa manfaatnya untuk mereka. Selamat berdiskusi.


Pihak eksternal perusahaan yang berkepentingan terhadap laporan keuangan beserta manfaatnya masing-masing yaitu :
  1.  Investor atau calon investor yaitu investor disini mereka yang membeli saham tersebut. Seorang investor berkewajiban untuk mengetahui secara mendalam kondisi perusahaan dimana ia akan berinvestasi atau pada saat sudah berinvestasi, karena dengan memahami laporan keungan tersebut artinya ia akan mengetahui informasi bahwa dana yang di investasikan itu aman dan terus berkembang. Karena jika kondisi sebaliknya maka lebih baik jika investor memindahkan dananya atau menjual saham yang dimilikinya.
  2. Kreditur atau calon kreditur yaitu pihak yang memberikan pinjaman baik dalam bentuk uang, barang maupun dalam bentuk jasa. Pada saat pihak debitur mengajukan permohonan untuk meminjam sejumlah dana kepada kreditur, maka sudah menjadi kewajiban bahwa pihak kreditur untuk melakukan pengecekan terhadap laporan keuangan debitur. Karena dengan melihat dan meneliti laporan keuangan debitur, maka pihak kreditur dapat memberikan sebuah rekomendasi apakah pinjaman tersebut layak untuk direalisasikan dan jika layak berapa angka yang harus direalisasikan.
  3. Pemerintah melalui Kementrian Keuangan mewajibkan kepada setiap perusahaan untuk menyusun dan melaporkan keuangan perusahaan secara periodik. Untuk menilai kejujuran perusahaan dalam melaporkan seluruh keuangan dan untuk mengetahui kewajiban perusahaan terhadap negara dari hasil laporan keuangan yang dilaporkan agar terlihat jumlah pajak yang harus dibayar kepada negara secara jujur dan adil.
  4. Konsumen adalah pihak yang menikmati produk dan jasa yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. Konsumen yang loyal terhadap produk dan jasa yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan memiliki ketergantungan yang tinggi pada perusahaan tersebut.
  5. Karyawan adalah mereka yang terlibat secara penuh di suatu perusahaan. Secara ekonomi mereka mempunyai ketergantungan yang besar yaitu pekerjaan dan penghasilan yang diterima dari perusahaan tempat bekerja. Posisi perusahaan yang tergambarkan dalam laporan keuangan menjadi bahan kajian bagi para karyawan dalam memposisikan keputusan ke depan nantinya.
  6. Masyarakat memerlukan informasi laporan keuangan perusahaan untuk melihat kecenderungan pihak perusahaan dalam merekrut tenaga kerja. Suatu perusahaan yang profitable cenderung akan menambah jumlah tenaga kerja, sedangkan perusahaan yang merugi cenderung melakukan PHK terhadap tenaga kerja yang ada. Manfaat lain dari laporan keuangan bagi masyarakat adalah untuk menuntut kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Bagi perusahaan yang mengalami keuntungan sudah sewajarnya ada kepedulian terhadap masyarakat sekitar.

Pihak Eksternal adalah pihak-pihak yang berada diluar perusahaan seperti Investor, Kreditor, supplier, Pemerintah dan Masyarakat.
1. Investor atau disebut sebagai penanam modal adalah pihak (eksternal) nomor satu yang terkait dalam penyusunan laporan keuangan. Mereka membutuhkan informasi laporan keuangan untuk menilai apakah suatu perusahaan masih bisa go public dan memiliki kemampuan untuk membayar dividen atau justru sebaliknya. Penilaian investor tersebut digunakan dalam mengambil keputusan apakah mereka akan menambah jumlah saham diperusahaan tersebut atau menjual semua saham yang mereka miliki. 
2. Kreditor, mereka membutuhkan informasi laporan keuangan untuk menilai apakah suatu perusahaan berada dalam keadaan sehat dan memiliki kemampuan membayar angsuran pokok dan bunga pada saat jatuh tempo (apabila suatu perusahaan diberikan bantuan dana kredit) atau tidak. 
3. Supplier, mereka membutuhkan informasi laporan keuangan untuk membayar dan melunasi utang atas bahan baku yang dipesan dari mereka atau tidak, selain itu mereka juga membutuhkan informasi laporan keuangan untuk mengetahui kesehatan suatu perusahaan sebelum mereka memutuskan memperpanjang kerjasama kontrak dengan perusahaan yang bersangkutan. 
4. Pemerintah, membutuhkan informasi laporan keuangan untuk menentukan kebijakan dalam kaitannya dengan pajak dan pungutan yang nantinya diberikan kepada perusahaan. 
5. Masyarakat, mereka membutuhkan informasi laporan keuangan untuk mengetahui jumlah kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Informasi laporan keuangan ini nantinya dapat mereka gunakan sebagai bahan ajar, analisis, dan penelitian dengan tujuan-tujuan tertentu. 
Dikutif dari http:// accounting. bisnis. ac. id.