Monday, September 25, 2017

EKMA4115 Pengantar Akuntansi - Forum Diskusi 5

Diskusi kita kali ini adalah coba jelaskan apa yang dimaksud dengan Akuntansi untuk Perseroan?

Adapun yang dimaksud dengan Akuntansi untuk Perseroan adalah pembahasan dalam dasar organisasi perseroan, modal perseroan, modal disetor, penerbitan saham, akuntansi untuk saham yang diperoleh kembali, pemecahan saham, akuntansi untuk dividen, laporan laba ditahan, dan pelaporan modal pemegang saham. Jadi menitik beratkan pembahasan pada transaksi yang bersangkutan dengan masalah modal pada bentuk perusahaan perseroan.
Menurut Sarosa (2009 : 12), Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan peristiwa ekonomis pada suatu organisasi pada pihak yang membutuhkan.
Menurut Reeve, Warren dan Duchac (2010 : 3), Akuntansi adalah sebuah sistem informasi yang menyediakan laporan kepada pemegang saham tentang aktivitas ekonomi dan kondisi bisnis saat ini.
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi, mencatat suatu informasi pada suatu perusahaan yang diperuntukkan kepada pihak yang membutuhkan laporannya baik pengguna internal maupun eksternal.
Referensi:
1. Inisiasi 5
2. BMP Akuntansi Dasar/BMP EKMA4115 (Pengantar Akuntansi). Modul 7 dan Modul 8
3. Samiaji Sarosa, 2009. Sistem Informasi Akuntansi, Grasindo, Jakarta.
4. Warren, James M Reeves & Jonathan E. Duchac. 2010. Pengantar Akutansi Adaptasi Indonesia. Edisi 25. Jakarta : Salemba Empat.