Monday, September 11, 2017

EKMA4115 Pengantar Akuntansi

Diskusi 3
Sering kita mendengar tentang Laporan Keuangan suatu perusahaan baik besar maupun kecil. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Laporan Keuangan (Financial Statement) itu sendiri dan kegunaannya untuk perusahaan, serta terdiri dari apa sajakan Laporan Keuangan tersebut dan, apa masing-masing fungsi dari jenis-jenis laporan terkait, jelaskan.

Yang dimaksud dengan Laporan Keuangan (Financial Statement) adalah laporan keuangan suatu entitas terdiri atas neraca, laporan laba rugi,laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.
Pengertian laporan keuangan menurut Standard Akutansi Keuangan (2009:2) adalah "Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan perubahan posisi keuangan (yang disajikan dalam berbagai cara seperti misal, sebagai laporan arus kas, atau laporan arus dana, catatan juga termasuk skedul dan informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan tersebut, misal informasi keuangan segma industri dan geografis serta pengukapan pengaruh perubahan harga".
Menurut Warren, Reeve & Fees (2005:24), pengertian laporan keungan adalah "Setelah transaksi dicatat dan diikhtisarkan, maka disiapkan laporan bagi pemakai. Laporan akutansi yang menghasilkan informasi demikian disebut laporan keuangan. Laporan keuangan yang utama bagi perusahaan perorangan adalah laporan laba rugi, laporan ekuitas pemilik, neraca, dan laporan arus kas".
Menurut Soemarso (2002:34), penngertian laporan keuangan adalah "Laporan keuangan (finance statement) adalah laporan dirancang untuk pembuat keputusan, terutama pihak di luar perusahaan, mengenai posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan. Laporan keuangan terdiri dari neraca, laporan laba rugi dan laporan arus kas".
Dari penertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa laaporan keuangan (finance statement) adalah merupakan proses pelaporan proses keuangan yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan pada saat tertentu (biasanya satu tahun) yang dapat dipergunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan baik pihak perusahaan maupun pihak luar perusahaan dan bermanfaat untuk pengambilan keputusan keuangan suatu perusahaan yang sedikitnya terdiri dari neraca dan laporan laba rugi, sedangkan laporan keuangan lainnya hanya merupakan laporan pelengkap yang bersifat membantu untuk memperoleh penjelasan lebih lanjut.
Referensi:
1. Inisisiasi 3 Akuntansi Dasar
2. Sugiarto (2014), Pengantar Akuntansi, BMP EKMA4115, UT.
3. Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan; PSAK No.2. Salemba Empat. Jakarta.
4. Warren, Carl S., James M., Reeve, and Philip E., Fees. 2005. Pengantar Akuntansi. Edisi 21 Buku Satu. Terjemahan Aria Farahmita, Amanugrahani, dan Taufik Hendrawan. Jakarta: Salemba Empat.
5. Soemarso S.R, (2002:34), Akuntansi Suatu Pengantar, Jakarta: Salemba Empat.
6. http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/4853/Bab%202.pdf?sequence=9